Apa Itu GERD : Pengertian, Penyebab dan Gejala

Gerd atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah suatu kondisi medis kronis yang ditandai dengan kenaikan asam lambung di atas normal ke dalam

 

apa-itu-gerd-pengertian-penyebab-dan-gejala

Pengertian Gerd

Gerd atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah suatu kondisi medis kronis yang ditandai dengan kenaikan asam lambung di atas normal ke dalam esofagus. Gejala yang biasanya dialami oleh seseorang dengan GERD adalah rasa nyeri di dada, rasa gatal di tenggorokan, dan rasa terbakar di tenggorokan.

GERD juga dapat menyebabkan komplikasi seperti refluks asam, peradangan esofagus, dan kanker esofagus. Pengobatan untuk GERD biasanya meliputi penggunaan obat-obatan untuk mengurangi produksi asam lambung, dan juga mengubah pola makan dan gaya hidup untuk mencegah kambuh.

Penyebab Gerd

Penyebab GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah asam lambung yang berlebihan . Hal ini dapat disebabkan oleh melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau lower esophageal sphincter (LES). Selain itu , kondisi tertentu seperti obesitas, kehamilan, dan mengonsumsi makanan berlemak atau kafein juga dapat menyebabkan GERD.

Gejala GERD umumnya adalah sakit di dada, mual, rasa tercekik, dan batuk. Pengobatan GERD biasanya meliputi perubahan gaya hidup seperti mengurangi makanan berlemak dan kafein, meningkatkan asupan sayur dan buah, dan menjaga berat badan.

Pengobatan obat juga bisa dilakukan untuk mengurangi asam lambung.

Gejala-Gejala Gerd

Gejala GERD adalah gejala yang disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan. Gejala-gejala ini bisa berupa rasa sakit atau panas di bagian belakang tenggorokan, rasa asam di mulut, sakit telinga, mual, atau muntah.

Gejala GERD juga bisa ditandai dengan batuk, gangguan tidur, bersin-bersin, dan bisa juga menyebabkan rasa sakit di dada. Beberapa orang juga merasakan sesak nafas saat menderita GERD. Perlu diingat bahwa gejala-gejala ini bisa disebabkan oleh penyebab lain selain GERD, sehingga penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosa.

1. Rasa Terbakar Di Dada

Rasa terbakar di dada merupakan salah satu gejala yang umum dialami oleh orang yang menderita penyakit asam lambung. Sensasi tersebut dapat menyebar dari bagian dada hingga kerongkongan dan menimbulkan rasa nyeri atau sakit yang tidak nyaman.

Gejala ini biasanya akan timbul setelah seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi asam asetat atau minuman beralkohol. Untuk mengurangi gejala ini, biasanya dokter akan memberikan resep obat antasida yang dapat membantu mengurangi rasa terbakar di dada.

2. Mual Dan Muntah

Mual dan muntah merupakan gejala yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, mulai dari infeksi virus, alergi, atau penggunaan obat-obatan tertentu. Mual dan muntah dapat membuat penderitanya merasa lemah dan berat badan menurun.

Untuk mengurangi mual dan muntah, penderita disarankan untuk mengonsumsi makanan ringan dan berolahraga secara teratur. Jika gejala mual dan muntah berlangsung lebih lama dari yang diharapkan, disarankan untuk menjalani pemeriksaan medis untuk mengetahui penyebab pasti dari kondisi tersebut.

Akhir Kata

GERD adalah singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease, yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan. Penyakit ini dapat menyebabkan banyak gejala, termasuk sakit perut, mual, muntah, dan bahkan kanker.

Untuk itu, penting untuk mengenali gejala-gejala ini dan berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalaminya. Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi gejala dan mengobati penyakit ini.

Top ad
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.